Selasa, 03 April 2012

dasar-dasar pendingin


Proses Dasar Terjadinya DinginDingin merupakan hasil yang diciptakan oleh mesin pendingin terutama kulkas danfreezer. Sedangkan AC lebih ke keadaan sejuk. Proses terjadinya pendinginan yangdiciptakan oleh mesin pendingin sebenarnya merupakan tiruan terjadinya dinginyangdisebabkan oleh alam. Dan dingin sebenarnya merupakan suatu proses penguapan karenaadanya panas akan menimbulkan udara dingin disekitarnya. Dingin terjadi karena adanya penguapan, dan penguapan berlangsung karena adanya panas.Terjadinya Dingin Pada Ruang mesinProses dingin di dalam mesin pendingin karena adanya pemindahan panas. Setiap mesin pendingin mampu menghasilkan suhu dingin dengan cara menyerap panas dari udarayang ada dalam ruang pada mesin pendingin itu sendiri. Bahan yang digunakan untuk menghasilkan penguapan yang begitu cepat sehingga mampu menghasilkan udara dingin.Biasanya untuk keperluan ini digunakan gas Freon. Gas ini dalam sistem pendinginanmemiliki bentuk yang berubah-ubah, yaitu dari bentuk cairan menjadi bentuk gas (uap).Pada kompresor, gas yang telah berubah menjadi uap tadi takanan dan panasnyadinaikkan untuk selanjutnya uap panas yan berasal dari gas itu diturunkan ataudidinginkan pada bagian kondensor sampai membentuk cairan. Kemudian sesampainya pada evaporator cairan itu diturunkan tekanannya sehingga menguap dan menyerap panasyang ada di sekitarnya. Kemudian dalam bentuk uap refrigerant tadi dihisap kembali oleh bagian kompresor dan dikeluarkan lagi seperti semula. Proses seperti ini berlangsungsecara berulang. Dalam sistem mesin pendingin jumlah refrigerant yang digunakanadalah tetap, yang berubah adalah bentuknya karena adanya proses seperti diatas.
 
Istilah – istilah Teknik di Bidang Pendinginan1 TekananTekanan ialah gaya yang bekerja secara vertikal pada bidang datar luas 1 cm2, oleh benda padat, cair atau gas. Pada umumnya satuannya kg/cm2.2 Temperatur / SuhuSuhu adalah derajat panas atau tingkat kedinginan. Ukuran suhu dinyatakan denganangka dan angka ini disebut derajat seperti 0C (derajat Celcius), 0F(derajat Fahrenheit)3 Kalor (Panas)Kalor adalah energi yang diterima oleh benda, sehingga suhu benda atau wujudnya berubah. Jika kalor dilepaskan suhu benda akan turun. Kalor adalah suatu bentuk energiyang dapat dipindahkan, tetapi tidak dapat dihilangkan. Kalor dapat diukur meskipun kitatidak melihatnya. Satuan dari kalor joule (J), Kalori , BTU.4 Kalor JenisKalor jenis suatu zat ialah jumlah kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 kilo zatitu sebesar 10K atau satu derajat Kelvin. Bilangan kalor jenis dinyatakan dengan satuanK Cal/Kg 0C.5 Panas BebasUmumnya, apabila memanaskan atau mendinginkan suatu benda, suhu dari bendatersebut mengalami perubahan. Panas yang mempengaruhi langsung pada suatu bendademikian disebut panas bebas.
 
6 Kalor LatenPanas yang diperlukan untuk mengubah wujud zat dari padat menjadi cair, dan cair menjadi gas atau sebaliknya tanpa mengubah suhunya disebut kalor laten (panas laten).Satuan Kalor Laten : Joule, Kalori, BTU,7 Kalor SensibelKalor sensibel adalah jumlah kalor yang diperlukan untuk menaikkan atau menurunkansuhu suatu benda. Satuan dalam : Joule, Kalori, atau BTU.8 Massa JenisMassa sebuah benda banyaknya zat atau materi yang dikandung suatu benda satuan Kg.Massa Jenis suatu zat ialah massa zat itu dibagi volumenya pada 00C. satuannya Kg/m3,Kg/l.9 Bahan Pendingin (Refrigerant)Refrigerant adalah suatu zat yang mudah menguap dan berfungsi sebagai penghantar  panas dalam sirkulasi pada saluran instalasi mesin pendingin. Bahan pendingin(refrigerant) adalah suatu zat yang mudah berubah wujud dari gas menjadi cair atausebaliknya. Dapat mengambil panas dari evaporator dan membuangnya di kondensor.Untuk instalasi Refrigerator/kulkas, AC dipakai freon R-12 atau R-22 sebagai refrigerant.10 Effek PendinginanAdalah kemampuan membawa kalor dari bahan pendingin atau jumlah kalor yang dapatdiserap oleh 1 pound bahan pendingin waktu mulai evaporator. Satuannya dalam K Cal/Kg.11 Kapasitas PendinginanUntuk menyatakan efek pendinginan, banyaknya kalori panas yang di serap dalam satuanwaktu dinyatakan dengan K Cal/Jam

1 komentar:

  1. Wah makasih infonya, kemarin sempat ditawari pen jual display cooler itu sama kayak kulkas kan ya ? bedanya apa :o

    BalasHapus